Gelombang Elektromagnetik

gelombang-elektromagnetik

Satu hal yang tak kalah penting yaitu gelombang elektromagnetik yang sering digunakan dalam pemanfaatan teknologi. Misalnya saja televisi, radio, handphone, maupun barang-barang elektronik yang lainnya yang biasanya Anda gunakan. Gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Heinrich Hertz yang termasuk gelombang transversal.

Pada dasarnya, definisi dari gelombang elektromagnetik itu sendiri merupakan gelombang yang dapat merambat meski ia tidak mempunya medium atau perantara. Ia dapat merambat dalam ruang yang vakum. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur. Di antaranya adanya besarnya frekuensi, besar kecilnya amplitude/amplitude, panjang gelombang/wavelength, dan juga kecepatan. Amplitudo itu sendiri termasuk tinggi gelombang, sedangkan panjang gelombang merupakan jarak antara dua puncak.

Frekuensi yaitu jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Besar kecilnya suatu frekuensi tergantung dari kecepatan merambatnya suatu gelombang. Kecepatan energi elektromagnetik bersifat konstan (kecepatan cahaya), sedangkan panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik. Jika semakin panjang gelombang, maka semakin rendah frekuensinya. Begitu juga sebaliknya, ketika semakin pendek suatu gelombang, maka semakin tinggi frekuensinya.

terapi mata

Sejatinya, alam semesta memancarkan energi elektromagnetik yang dilepaskan oleh semua masa di jagad raya. Tentu saja setiap masa ataupun benda memiliki energi elektromagnetik yang berbeda-beda. Semua itu bergantung pada perbedaan karakteristik energi gelombang. Sehingga dengan adanya perbedaan karakteristik energi gelombang, lalu energi elektromagnetik ini dikelompokkan.

Pemanfaatan gelombang elektronik oleh manusia sungguh tidak terbatas. Terlebih lagi di era globalisasi yang semakin canggih teknologinya saat ini. Karena sebenarnya gelombang elektronik berkaitan erat dengan dunia teknologi, maka penggunaan gelombang elektromagnetik sangatlah vital. Apalagi zaman sekarang ini di mana teknologi semakin canggih dan semakin lama kian maju.

Gelombang elektromagnetik sebenarnya bersumber dari tata surya matahari dan juga angkasa. Selain itu, sumber gelombang elektromagnetik yang lain yaitu berasal dari osilasi listrik, lampu merkuri yang mampu menghasilkan ultraviolet, dan penembakan elektron dalam tabung hampa pada keping logam yang menghasilkan sinar X (biasanya digunakan untuk rontgen).

Karena gelombang elektromagnetik memiliki panjang gelombang dan juga frekuensi, maka ada beberapa susunan yang membentuk gelombang elektromagnetik itu sendiri. Susunan semua bentuk gelombang elektromagnetik berdasarkan panjang gelombang dan frekuensinya inilah yang disebut dengan spektrum elektromagnetik.

Spektrum elektromagnetik ini yang mempengaruhi beragam jenis gelombang yang biasanya digunakan manusia sehari-hari di bidang teknologi. Seperti media radio, microwave, infrared, ultraviolet, dan sinar X. Tentu saja, tak hanya itu pemanfaatan gelombang elektromagnetik. Masih banyak lagi pemanfaatan gelombang elektronik dalam dunia teknologi, misalnya komputer, lapotop, perangkat audio, dan sebagainya.

Terkait dengan spektrum elektromagnetik, ada beberapa contoh spektrum elektromagnetik yang mengahsilkan beberapa gelombang. Gelombang-gelombang inilah yang berperan dalam penciptaan suatu alat atau media yang bisa digunakan dan dapat difungsikan oleh manusia untuk bekerja dan melakukan rutinitas dalam pekerjaannya. Contohnya yaitu gelombang radio, gelombang mikro, gelombang sinar infra merah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar X, dan sinar gamma. Beberapa spektrum ini yang dapat dimanfaatkan terutama dalam bidang teknologi.

393 total views, 3 views today