Energi Kimia

energi kimia

Setiap makhluk hidup, terutama manusia, tentu saja tak terlepas dengan energi kimia. Karena pada dasarnya energi kimia sering digunakan oleh manusia untuk berbagai keperluan dalam mengerjakan sesuatu setiap harinya. Secara prinsip, energi kimia pun berasal dari energi alam semesta yang kemudian diolah lebih lanjut lagi menjadi energi yang berdaya guna.

Sebenarnya energi kimia merupakan energi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron yang memiliki dua atau lebih atom/molekul yang telah berkombinasi sehingga menghasilkan senyawa kimia yang stabil. Secara prinsip, energi kimia dapat terjadi dalam bentuk energi yang tersimpan. Energi kimia yang tersimpan dapat dimanfaatkan sebagai cadangan sehingga nantinya bisa digunakan ketika memang dibutuhkan.

Sumber energi kimia sangatlah banyak. Sebagai contohnya yaitu bahan makanan yang kita makan setiap hari merupakan sumber bahan kimia yang bisa dimanfaatkan dalam melakukan gerak. Selain itu, bahan bakar yang digunakan oleh berbagai kendaraan atau pun bahan bakar seperti minyak, bensin, atau solar yang digunakan untuk menggerakkan mesin pun merupakan sumber dari energi kimia. Bahan makanan atau bahan bakar tersebut mengandung unsur kimia yang selanjutnya diolah dan diproses menjadi energi kimia sehingga dapat dimanfaatkan untuk melakukan suatu usaha.

terapi mata

Dalam metabolisme sel di dalam tubuh manusia, ATP (adenosina trifosfat) adalah salah satu bentuk energi kimia yang paling berguna dan paling penting untuk manusia. Adanya bahan makanan, bahan bakar, atau bahan-bahan lain yang bisa menghasilkan energi tertentu bisa dikategorikan sebagai energi kima. Energi ini muncul karena terjadi proses pemecahan ikatan kimia dalam susunannya sehingga menghasilkan energi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa energi kimia merupakan energi yang paling utama dan sangat penting di dunia ini.

Memang, disadari atau tidak, banyak kegunaan energi kimia yang sebenarnya telah kita manfaatkan untuk beraktivitas. Karena pada dasarnya energi kimia ini paling banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk menunjang segala kebutuhannya. Cukup banyak juga contoh energi kima. Baik secara alami maupun buatan manusia. Misalnya saja fotosintesis, respirasi, pembakaran, bahan peledak, baterai, dan sebagainya.

Energi kimia bisa mendatangkan manfaat bisa juga menimbulkan kerugian bergantung pada penggunaannya. Ketika manusia benar-benar memanfaatkannya untuk hal-hal positif dan digunakan sebagaimana mestinya, tentu saja energi kimia tersebut bisa untuk kebaikan. Begitu juga sebaliknya.

Sebagai contoh beberapa unsur-unsur kimia yang sering digunakan untuk pembuatan obat atau dunia farmasi tentu saja sangat bermanfaat karena bisa menunjang dalam dunia medis atau kesehatan. Namun, jika tidak digunakan sebagaimana mestinya dengan menggunakan takaran berlebih dan disalahgunakan, pastinya kerugianlah yang akan didapat. Maka dari itu, gunakanlah energi kimia dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan diri sendiri dan orang lain dengan terlebih dahulu tahu akan ilmunya.

318 total views, 1 views today