Sumber Energi

sumber energi

Seperti yang kita ketahui bahwa energi sangatlah beragam dan banyak sekali manfaatnya. Tanpa energi, manusia bisa jadi tak bertenaga dan tak mampu menjalani kehidupannya dengan baik. Bahkan, dalam kondisi fatal, ia bisa saja meninggal. Peranan energi yang begitu penting memang tidaklah akan tuntas jiga dibahas karena kajiannya sangat luas.

Beragam manfaat energi yang bisa difungsikan dalam kehidupan sehari-hari tentu saja dapat mempengaruhi perubahan hidup manusia saat ini. Karena jelas, energi sangat dibutuhkan manusia untuk bisa bertahan hidup. Untuk dapat memiliki energi, tentu saja kita perlu membutuhkan sumber energi yang tersedia.

Dalam definisinya, sumber energi merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang mampu menghasilkan energi. Salah satunya adalah makanan. Makan merupakan sumber energi bagi aktivitas manusia. Tanpa adany makanna, pastinya seseorang kan lemas dan tak mampu melakukan kegiatan apa pun.

terapi mata

Macam Sumber Energi

Selain itu, banyak pula sumber energi lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh manusia dalam mempermudah pekerjaan manusia. Secara garis besar, ada 2 jenis sumber energi di alam semesta ini. Pertama adalah sumber energi terbarukan. Artinya, sumber energi ini bisa diperbarui lagi sehingga tidak akan pernah habis ketersediaannya. Kedua yaitu sumber energi tak terbarukan adalah sumber energi yang tak dapat lagi diusahakan atau diperbaharui lagi. Ketersediannya sangatlah terbatas sehingga penggunaannya harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

1. Sumber energi terbarukan

Ketersediaan sumber energi yang bisa diperbaharui lagi sangatlah melimpah di jagad raya ini. Ia tak akan musnah, hilang, sirna, atau habis. Meski manusia mengambil sebanyak-banyaknya sumber energi tersebut, tetapi ia masih tetap tersedia melimpah dan tak akan berkurang sedikit pun. beberapa contoh sumber energi yang terbarukan yaitu matahari, angin, panas bumi, energi biomassa, energi gas alam, pembangkit listrik tenaga air, energi pasang surut.

a. Energi surya atau matahari

Keberadaan energi matahari sangat melimpah jumlahnya terutama di wilayah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Sinar matahari sangatlah bermanfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Karena pada dasarnya sumber energi terbesar di alam semesta alah matahari.

Pemanfaatan sinar matahari yaitu dengan menggunakan sel surya yang berfungsi mengubah energi surya menjadi energi listrik. Selain itu, sinar matahari juga dimanfaatkan untuk memasak dengan menggunakan kompor bertenaga sinar matahari. Hal itu seperti yang telah dilakukan di negara India.

b. Panas bumi

Sumber energi yang lainnya adalah panas bumi. Panas bumi merupakan energi yang bersumber dari dalam perut bumi. Jumlahnya pun melimpah dan bisa diperbarui sehingga kita tidak perlu khawatir akan kehabisan energi panas bumi. Meski jumlahnya begitu melimpah, tentunya harus tetap bijak dalam memanfaatkannya.

Selain jumlahnya yang melimpah, energi panas bumi mempunyai nilai yang lebih ekonomis dan ramah terhadap lingkungan. Sebagai bangsa Indonesia, seharusnya kita beruntung karena bangsa kita adalah bangsa yang kaya akan energi panas bumi. Mengapa bisa demikian?

Energi panas bumi yang berasal dari perut bumi terbentuk karena adanya gunung berapi yang aktif. Seperti yang kita ketahui bahwa Negara Indonesia merupakan negara yang terdapat banyak sekali gung berapi yang masih aktif. Meski saat aktif bisa menjadi ancaman warga sekitar dan bangsa Indonesia sendiri, tetapi keberadaan gunung berapi aktif yang dapat menghasilkan energi panas bumi sangatlah bermanfaat dan memberikan keuntungan bagi manusia. Misalnya saja energi panas bumi digunakan untuk pembangkit tenaga listrik.

c. Angin

Angin merupakan udara yang bergerak. Keberadaan angin sangat menguntungkan bagi manusia karena ia bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal. contoh dalam keseharian yaitu saat masih kanak-kanak kita bermain layang-layang di tanah lapang yang merupakan salah satu sumber tempat banyaknya angin.

Hingga saat ini, pemanfaatan energi angin sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh berbagai negara di seluruh dunia karena sumber energi ini tidak terbatas jumlahnya. Dalam jumlah skala besar, angin sangat bermanfaat dalam pembuatan kincir angin yang selanjutnya dihubungkan dengan generator atau turbin untuk menghasilkan tenaga listrik.

d. Energi Biomassa

Sumber energi lain yang terbarukan atau dapat diperbaharui lagi yaitu biomassa. Sumber energi biomassa terbentuk dari tanaman hidup, pohon yang telah mati, atau pun serpihan kayu, rumput, ubi, limbah pertanian, limbah hutan, tinja dan kotoran ternak.

e. Energi Gas Alam

Keberadaan gas alam memang tidak bisa dipungkiri memberikan banyak manfat alam kehidupan. Terlebih lagi gas alam sekarang ini bisa digunakan sebagai sumber energi alternatif dalam perkembangan dunia industri. Tak hanya itu, energi gas alm pun bisa dijadikan sebagai bahan bakar pembangkit tenaga listrik atau uap, sebagai bahan baku pabrik pupuk, petrokimia, metanol, bahan baku plastik LDPE, dan sebagai komoditas energi untuk ekspor di dunia, misalnya LNG (Liquified Natural Gas) atau gas alam cair.

f. Pembangkit Listrik Tenaga Air

Sumber energi yang bisa diperbarui lagi yaitu pembangkit listrik tenaga air. Tenaga air sejak dulu memang sudah lama di manfaatkan oleh manusia karena ramah lingkungan dan juga ketersediaannya yang berlimpah.

g. Energi Pasang Surut

Pasang surut air laut merupakan salah satu sumber energi yang terbarukan dan bisa dijadikan sebagai alternatif sumber energi. Banyak yang beranggapan bahwa pasang surut air laut lebih menjanjikan hasil yang maksimal jika hal itu dibandingkan dengan tenaga surya dan tenaga angin. Namun, sayangnya pemanfaatan energi pasang surut saat ini masih sedikit karena memang biayanya yang tergolong mahal.

2. Sumber energi tak terbarukan

Berbeda dengan sumber energi terbarukan. Sumber energi tak terbarukan merupakan sumber energi yang tidak bisa diperbarui lagi. Meskipun terkadang ada yang bisa diperbarui, tetapi hal itu sulit untuk dicapai karena harus menunggu waktu yang sangat lama.

Keberadaan sumber energi tak terbarukan ini masih merupakan sumber energi utama yang banyak digunakan walaupun banyak pihak yang sudah beralih menggunakan sumber energi alternatif yang lain. Contoh sumber energi tak terbarukan yaitu sumber energi yang berasal dari fosil dan sumber energi yang berasal dari mineral alam

a. Sumber energi yang dari fosil

Sebenarnya, sumber energi dari fosil ini bisa diperbaharui, tetapi memang memerlukan waktu yang sangat lama hingga jutaan tahun. Sumber energi fosil ini berasal dari makhluk hidup yang telah mati dan terpendam dalam tanah hingga jutaan tahun lamanya. Misalnya saja minyak bumi dan batu bara.

b. Sumber energi yang berasal dari mineral alam

Sumber energi mineral alam termasuk tidak bisa diperbarui lagi karena ketersediaannya yang cukup langka. Mineral Alam bisa dimanfaatkan menjadi sumber energi setelah melalui beberapa proses, contohnya yaitu uranium yang bisa menghasilkan energi nuklir.

2,234 total views, 11 views today

One thought on “Sumber Energi

  1. Informasi yang sangat bermanfaat, makasih telah berbagi ilmunya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.