Bunga Kitolod Obat Sakit Mata Alami

bunga kitolod

Tanaman kitolod sering disebut juga kembang jangar / bunga bintang lima ini tumbuh liar diantara semak–semak, di tepi jalan, bahkan di pinggir selokan dan seolah-olah terabaikan tak ada manfaatnya.

Tanaman yang awal mulanya yang hanya tumbuh liar dan terlihat tidak bermanfaat, ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Bunga kitolod mempunyai khasiat yang luar biasa untuk mengobati berbagai penyakit mata seperti silinder, katarak, rabun jauh, rabun dekat, mata minus, plus, nyeri dan perih pada mata .

Menurut beberapa peneliti pengobat herbal di dunia seperti Burkill (1935), Allen (1943): air yang diperoleh dari bagian tanaman kitolod bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati iritasi mata.

terapi mata

Masyarakat jaman dahulu sudah banyak yang mengenal tanaman ini sebagai obat gangguan mata. Mereka menggunakan daun kitolod yang diambil pagi hari yang masih ada air embunnya. Jaman dahulu masyarakat percaya kitolod yang masih ada air embunnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit mata.

Cara penggunaan Bunga Kitolod untuk obat mata

  1. Petik bunga kitolod beberapa tangkai, kemudian masukan ke dalam gelas berisi air bersih dan diamkan beberapa menit.
  2. Kemudian ambil, teteskan ujung tangkainya pada bagian mata kanan dan kiri (masing-masing dua tetes) atau pada bagian mata yang sakit saja.
  3. Pada saat penggunaan, mata akan terasa perih . Lakukan berulang–ulang, minimal 3x sehari.

Bunga kitolid memang dapat dimanfaatkan sebagai obat tetes mata. Namun sebaiknya, berkonsultasi dengan ahli herbal bersertifikat sebelum menggunakan kitolod secara langsung. Atau dapat menggunakan Prana Herbal Terapi Mata yang dapat langsung dipakai tanpa repot untuk mencari dan mengolah bunga kitolod.

487 total views, 1 views today