Cara Mudah Meditasi

meditasi

Meditasi bagi sebagian orang diartikan mengosongkan pikiran. Sebenarnya pandangan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Memang, bagi orang-orang awam dan belum mengenal meditasi dengan baik mereka mendefinisikan meditasi demikian. Namun, pada dasarnya meditasi bukanlah mengosongkan pikiran dengan tidak memikirkan apa pun.

Bagi orang yang beragama Budha atau pun Hindu, meditasi merupakan suatu ritual atau ibadah untuk menenangkan dan menjernihkan pikiran. Dengan cara meditasi, ia akan memperoleh kebijaksanaan. Maka dari itulah banyak seorang Budhis atau konsep Budha mengajarkan kebijaksanaan. Terlepas dari kepercayaan tertentu, sebenarnya setiap agama apa pun itu mengajarkan meditasi. Ritual atau ibadah yang dilakukan oleh setiap pemeluk agama pada dasarnya adalah meditasi.

Karena pada dasarnya meditasi bermakna luas. Jika Anda beranggapan meditasi adalah dari ajaran-ajaran agama tertentu, maka itu merupakan paradigma yang tidak benar. Secara konsep, semua ibadah yang dilakukan oleh orang-orang beragama adalah bermeditasi. Hanya saja caranya yang berbeda-beda.

terapi mata

Mungkin, ketika Anda membaca judul dalam tulisan ini Anda merupakan seorang meditator, atau Anda ingin belajar bermeditasi, atau Anda secara kebetulan menemukan tulisan ini dan mencoba untuk belajar bermeditasi. Tulisan yang akan kami bagikan ini merupakan salah satu cara atau teknik mudah dalam melakukan meditasi.

Mengingat meditasi memang sangat bermanfaat dalam kehidupan terutama untuk menjadikan pikiran tenang, maka kami perlu membagikannya kepada Anda. Baik bagi Anda yang memang suka bermeditasi atau bagi Anda yang baru belajar bermeditasi.

Perlu Anda ketahui terlebih dulu bahwa bermeditasi secara prinsip bukanlah mengosongkan pikiran hingga tak berpikir apa-apa. Itu merupakan asumsi yang kurang benar. Meditasi sebenarnya adalah sikap fokus pada satu hal. Namun, bukan berarti Anda tegang atau terlalu memikir satu hal tersebut. Anda tetap harus rileks dan santai saat melakukan meditasi. Berikut ini adalah tata cara mudah untuk melakukan meditasi yang bisa Anda lakukan.

  1. Cari tempat atau posisi yang tenang dan jauh dari keramaian
  2. Niatkan diri Anda untuk melakukan meditasi
  3. Rilekskan tubuh Anda dan tidak perlu tegang
  4. Pejamkan mata Anda dan tarik nafas yang dalam kemudian hembuskan. Ulangi langkah ini hingga 3 x. Setelah itu, Anda hanya perlu bernafas seperti biasa
  5. Selanjutnya, Anda hanya berfokus pada nafas Anda
  6. Perhatikan nafas Anda antara tarikan dan hembusan nafas Anda tersebut
  7. Ketika Anda bisa memperhatikan setiap tarikan dan hembusan nafas Anda, maka itu menandakan bahwa Anda sudah bisa berkonsentrasi dan bermeditasi dengan baik
  8. Jika ada pikiran-pikiran yang muncul di kepala Anda, berarti Anda tidak lagi fokus pada nafas dan tidak memperhatikan nafas Anda lagi
  9. Jika hal itu yang Anda alami, maka segeralah menuju perhatian dalam nafas Anda kembali. Dengan demikian, Anda pun bisa tenang saat melakukan meditasi

Cara tersebut merupakan langkah yang termudah saat Anda bermeditasi. Karena pada dasarnya meditasi secara harfiah untuk bisa menenangkan pikiran hanyalah berfokus pada setiap tarik dan hembusan nafas yang Anda lakukan. Ketika Anda sudah bisa berkonsentrasi pada nafas Anda, maka pikiran-pikiran yang muncul dan menjadi beban Anda tak akan mengganggu lagi.

Bagi Anda yang pemula, meditasi tersebut bisa Anda lakukan selama 10-15 menit. Namun, bagi Anda yang memang suka dengan bermeditasi atau mungkin Anda adalah seorang meditator, maka waktu yang Anda perlukan bisa lebih lama lagi. Jika Anda memang sudah bisa menikmati meditasi dengan baik, maka sebenarnya waktu bukanlah menjadi patokan Anda. Karena ketika Ana benar-benar menikmati meditasi Anda, maka Anda pun bisa menjadi lebih tenang dan tenang lagi. Hingga akhirnya seakan Anda tak ingin mengakhiri meditasi Anda karena Anda benar-benar menikmatinya.

729 total views, 2 views today