Chikung

chikung

Chikung berasal dari dua kata, yaitu “chi” dan “kung.” Masing-masing memiliki arti. Kata “chi” itu sendiri berarti udara, napas, atau energi vital. Semua makhluk yang ada di jagad alam semesta memiliki chi yang mengalir setiap saat. Tanpa adanya chi yang terkandung dalam makhluk, maka tidak akan ada kehidupan. Sedangkan kata “kung” berarti latihan atau bekerja sama yang sama berarti dengan kungfu.

Ketika kata “chi” dan “kung” digabungkan menjadi satu maka bisa diartikan sebagai latihan pengolahan pernapasan untuk melancarkan jalannya energi vital atau chi di dalam tubuh seseorang sehingga tercapainya keseimbangan semua organ di dalam tubuh. Di dalam chikung dikenal dengan konsep Yin dan Yang yang merupakan simbol dari keseimbangan.

Sejak ribuan tahun silam, Chikung sudah dikenal oleh masyarakat China. Kemudian seiring berjalannya waktu, Chikung mulai berkembang sehingga memiliki cukup banyak aliran. Karena Chikung sering digunakan sebagai ilmu beladiri di negeri china, maka ia bisa dimanfaatkan sebagai benteng diri. Jurus-jurus Kungfu yang merupakan salah satu ilmu bela diri yang tersohor di negeri China banyak memanfaatkan Chikung sebagai media latihan.

terapi mata

Salah satu latihan yang paling familiar yaitu Chikung Baju Besi yang dikembangkan para pendeta shaolin. Latihan Chikung Baju Besi ini berfungsi untuk kekebalan tubuh. Selain itu, ada latihan Chikung khusus yang bisa gunakan untuk menjaga kesehatan atau pengobatan pada penyakit tertentu.

Penyakit ringan, sedang, hingga penyakit berat bisa disembuhkan dengan Chikung. Misalnya saja penyakit flu, batuk, alergi, maag, liver, insomnia, stroke, jantung, bahkan kanker, dan beberapa penyakit yang secara medis tidak bisa diatasi dapat disembuhkan dengan konsep Chikung.

Sebenarnya latihan Chikung itu sendiri fungsi utamanya memang digunakan untuk penyembuhan dan meningkatkan stamina tubuh agar tetap sehat dan fit. Untuk bisa menguasai Chikung dengan baik, diperlukan latihan yang secara terus-menerus. Tidaklah susah dalam mempelajari teknik-teknik di dalam Chikung. Tentu saja, dalam hal ini perlu pendamping terlebih dulu agar ketika baru pertama kali berlatih ada seorang pemandu yang benar-benar bisa mengarahkan.

Selain oleh pernapasan, Chikung juga memerankan pikiran sebagai mind control. Dengan menenangkan pikiran dan mengatur pernapasan, maka akan mudah dalam menguasai Chikung. Karena di dalam Chikung energi vital disalurkan ke dalam maupun ke luar badan menurut pikiran (mind over matter).

Pernapasan dalam Chikung sangatlah halus dan tidak menggunakan penekanan. Pada tingkat dasar, masih ada masih banyak digunakan tangan untuk menyalurkan chi, namun pada tingkat lanjut makin lama makin sedikit gerakan badan yang dipakai sehingga akhirnya penyaluran chi hanya memakai pikiran saja. Karena pikiran merupakan suatu kekuatan (power), tidak dapat dihalangi oleh materi apapun.

Akan tetapi, Chikung tidak hanya sebatas untuk penyembuhan atau pengobatan saja. Chikung ternyata bisa dimanfaatkan secara luas bergantung pada pengamal atau pengguna Chikung itu sendiri. Seperti untuk memunculkan atau meningkatkan kebijaksanaan, daya spiritualitas, perlindungan diri, ketenangan batin, dan berbagai hal yang bermanfaat dalam kehidupan.

 

1,234 total views, 1 views today