Energi Prana

energi prana

Setiap makhluk di bumi, baik itu yang makhluk hidup maupun benda mati memiliki prana masing-masing. Karena pada dasarnya prana merupakan sebuah energi. Tentu saja setiap makhluk memiliki tingkatan atau kadar energi yang berbeda. Prana ada di dalam diri makhluk yang menghuni alam semesta ini. Sebenarnya prana berasal dari bahasa sansekerta yang berarti energi vital atau energi kehidupan. Energi prana sangat penting dalam kehidupan karena tanpa adanya prana, setiap makhluk tidak diakui eksistensinya.

Prana bersifat universal dan bisa dimanfaatkan dalam sendi-sendi kehidupan. Karena prana merupakan energi kehidupan, maka prana sering sekali digunakan dalam keseharian. Istilah prana cukup beragam. Di Yunani prana disebut sebagai Pneuma, di negara China prana disebut dengan ‘Chi’, di Jepang disebut dengan istilah ‘Ki’, di Polynesia disebut ‘Mana’, dan dalam bahasa Ibrani disebut dengan ‘Ruah’. Dari masing-masing istilah tersebut prana bisa diartikan sebagai ‘nafas kehidupan.’

Karena prana adalah nafas kehidupan, maka energi prana sangat penting untuk bisa difungsikan dalam memperoleh berbagai macam tujuan, terutama dalam hal penyembuhan. Sejak dulu, prana sudah banyak dimanfaatkan sebagai metode dalam memperbaiki kondisi kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

terapi mata

Penyembuhan dengan menggunakan metode prana ditemukan oleh Mr. Choa Kok Sui yang memanfaatkan energi prana untuk menyembuhkan tubuh yang sakit, dengan dilandasi konsep adanya perpindahan energi prana dari seorang praktisi ke tubuh pasien. Dengan memindahkan energi prana atau mentransfer energi itulah maka seseorang bisa terpulihkan kondisi kesehatannya yang sebelumnya memburuk.

Pada dasarnya, tubuh manusia terdiri atas tubuh fisik dan tubuh esoterik/tubuh energi. Jika salah satu tubuh dari kedua tubuh tersebut bermasalah, maka akan terjadi gangguan kesehatan. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan. Dalam metode prana, penyembuhan dilakukan pada level tubuh energi yang nantinya akan berpengaruh pada tubuh fisik. Ketika tubuh energi telah dirawat dengan baik, maka secara otomatis, tubuh fisik pun akan berangsur-angsur pulih sehingga kesehatan bisa didapatkan kembali.

Di negara-negara China, India, Mesir, dan berbagai negara lainnya telah mengenal prana sebagai salah satu teknik terapi dalam mengobati jenis penyakit tertentu. Ribuan tahun silam di mana dunia medis belum dikenal secara luas, masyarakat telah menggunakan prana untuk menyembuhkan pasien.

Lantas, apakah energi prana itu tidak akan habis?

Sebenarnya ketersediaan energi prana terbentang luas di alam semesta. Karena sumber prana di jagad raya ini tidaklah terbatas. Sumber prana sangatlah banyak dan tidak akan habis. Karena ketersediaannya di alam semesta, maka energi prana tidak akan terkikis hingga alam ini berakhir (kiamat). Banyak sekali sumber prana yang bisa diperoleh. Beberapa sumber energi prana tersebut di antaranya adalah matahari, udara, bumi, pohon, air, lingkungan, sosial, dan manusia itu sendiri. Namun, sumber utama dan paling pokok dari energi prana terdiri atas 3 unsur yaitu matahari, udara, dan bumi.

Selain sebagai metode penyembuhan untuk mengatasi penyakit, energi prana banyak sekali dimanfaatkan dalam bidang lain. Di antaranya adalah untuk pemertahanan diri, perlindungan, mendapatkan kesuksesan, memperoleh kejayaan, memperoleh pasangan, mendapatkan cinta kasih, melanggengkan hubungan, spiritualitas, dan berbagai manfaat lainnya. Jika Anda mengetahui energi prana yang sesungguhnya dalam kehidupan, maka Anda bisa memperoleh kebahagiaan hidup yang selama ini mungkin Anda impikan. Dengan mampu memanfaatkan energi prana dengan baik, maka bukan hal yang mustahil tujuan Anda dalam memperoleh sesuatu bisa terwujud.

588 total views, 3 views today